Minggu, 20 Januari 2013

My Experience in KPT at Pekalongan


KPT (Kuliah Penerapan Teknologi) merupakan mata kuliah fakultas teknologi yang wajib diambil, dimana merupakan pengabdian masyarakat tentang teknologi, untuk tempatnya terserah dari kelompok masing-masing. Aku masuk dalam kelompok 2, yang dimana tempat KPT nya di Pekalongan, tepatnya di SMA 1 Muhammdiyah Pekajangan Pekalongan. KPT kita mengambil tema tentang cara mendesain blog, yang menggunakan server google.
Mengapa kita mengambil tema itu, karena menurut kami kurangnya siswa dalam pengetahuan desain blog, dan memanfaat blog yang gratis ini. Acara kita mulai dari pagi, dan untuk pesertanya adalah siswa kelas XII, yang sudah mengenal sedikit akan blog. Acara kita buka dengan introduction profile my grub. 30 menit untuk pengenalan, yang dilanjutkan dengan materi tentang pengertian blog, manfaat blog, dan dilanjutkan dengan pembuatan blog dan desain. Kami yang terdiri dari 10 orang harus mengajari kurang lebih 35 peserta, yang ikut dalam pelatihan desain blog kali ini. Kebanyakan peserta adalah cewek dan belum begitu faham akan blog, membuat kami untuk pelan-pelan dan sabar dalam menyampaikan materinya. Karena sedikit-sedikit kakak ini dipanggil oleh peserta, kak kok blog saya jadi bahasa arab, dll. Tapi semua itu menjadi hiburan dan pembelajaran bagi kita semua, bagaimana cara yang baik mendidik siswa.
Setelah peserta sudah memahami tools yang tersedia di dasbord blog, selanjutnya waktunya istirahat. Disela-sela waktu istirahat itu, masih ada siswa yang minta untuk diajari lagi tentang desai blog yang baik, akhirnya kami pun mengajarinya. Setelah istirahat dilanjutkan dengan cara mengganti template, dan cara memberi link pada blog. Tak terasa sudah sore, yang dimana kita harus mengakhiri pelatihan ini. Semoga pelatihan ini bisa bermanfaat bagi adik-adik SMA 1 Muhammadiyah Pekalongan (Moehi). Acara diakhiri dengan pemberian kenang-kenangan dari kami kepada perwakilan sekolahan.






0 komentar:

Posting Komentar