Selasa, 29 Januari 2013

16 Tips Mengatasi Ujian Pilihan Ganda (Triple Choice)


1.      Bacalah pertanyaan dengan lengkap sebelum menjawab, temukan dulu pilihan anda sebelum menguji pilihan lain.
2.      Hati-hatilah agar and tidak terlalu banyak membaca pertanyaan. Jangan mencoba tebakan kedua dan pola mencari atau trik yang sebenarnya tidak ada disana.
3.      Garis bawahi kata-kata kunci.
4.      Pilihan positif lebih besar kemungkinan benarnya dari pada pilihan negative.
5.      Jangan menentang intuisi pertama, kecuali anda benar-benar nyakin bahwa anda salah.
6.      Cermati kata-kata negatif dan kata-kata lain yang bisa menjebak anda. “Manakah dari jawaban berikut ini yang tidak….”
7.      Jawaban biasanya salah jika mengandung kata “semua, selalu, tidak pernah, atau tidak satupun” saya ulangi, biasanya.
8.      Jawaban memiliki kesempatan besar untuk benar jika mengandung kata-kata seperti “kadang-kadang, mungkin, beberapa.”
9.      Jika anda tidak tahu mana jawaban yang benar, carilah jawaban yang salah.
10.  Jangan mengeliminasi jawaban, kecuali anda benar-benar mengetahui arti kata-kata jawaban tersebut.
11.  Jangan mencari pola jawaban. Hanya karena jawaban “C” telah muncul tiga kali dalam satu baris, tidak berarti jawaban “C” adalah jawaban yang benar untuk pertanyaan keempat. Percanyalah dengan pengetahuan anda.
12.  Bacalah setiap pertanyaan sebelum memilih jawaban. Pembuat soal yang cerdik akan menempatkan jawaban yang menjebak, yang terlihat hampir benar pada pilihan pertama. Itu membuata anda terjebak sebelum anda mempertimbangkan pilihan yang lain.
13.  Pada ujian standar, pertimbangkan untuk langsung memindahkan jawaban dari kertas soal ke lembar jawaban. Cara ini dapat menghemat waktu. Hati-hati: pastikan anda menempatkan setiap jawaban pada tempat yang tepat.
14.  Semakin panjang atau/ dan rumit jawaban, semakin besar tingkat kebenarannya. Pembuat soal terpaksa menambah klausa atau frasa untuk membuat jawaban lengkap dan jelas.
15.  Hati-hati dengan pilihan yang terlihat mudah bagi anak usia 2 tahun. Mengapa guru/ dosen member anda soal seperti itu? Mungkin saja ingin menjebak!
16.  Jangan cepat menyerah pada pertanyaan yang tampak membingungkan ketika dibaca satu kali. Lihatlah dari sudut pandang yang berbeda. Nyatakan kembali dengankata-kata anda sendiri, buatlah gambaran yang bisa membantu anda memahaminya.


Di kutip dari buku “Belajar lebih Cerdas Bukan Lebih Keras

0 komentar:

Posting Komentar